Rabu, 24 Oktober 2012


Artikel Perawatan Mobil | Tips Merawat Velg Mobil

Berikut merupakan cara untuk merawarat Velg kendaraan anda agar tetap terlihat bersih dan 'kinclong':
    Jangan mencuci mobil yang baru selesai anda kendarai, karena velgnya pasti masih panas dan jika terkena air akan menimbulkan jamur dan warna velg beruba menjadi kekuningan. Tunggulah beberapa saat hingga velgnya dingin.
    Sebelum anda membersihkan velg dan ban, bersihkan terlebihdulu ruangan dalam fender/spatbor agar kotoran yang menempel tidak jatuh dan mengotori ban dan velg.

    Saat anda membersihkan velg, gunakanlah shampo mobil dengan spon yang bersih dan lembut agar velg tidak lecet. Gunakan kuas untuk membersihkan bagian sudut yang sulit dijangkau oleh tangan. Bisa juga dengan memakai sikat gigi bekas.
    Khusus velg berkrom, sebaiknya gunakan cairan khusus krom untuk memperawet lapisan krom dan menjaga kilapnya. Namun jika tak ada cairan khusus krom, anda dapat menggunakan sabun cuci piring cair untuk mengangkat noda minyak pada lapisan krom pada velg mobil anda.

Artikel Perawatan Mobil | Tips Merawat Velg Mobil

    Jika terdapat noda bekas aspal, bersihkan dengan menggunakan cairan tar remover,dan bisa juga menggunakan minyak kayu putih, namun harus langsung dibilas dengan sampo mobil agar tak merusak lapisan cat. Hindari juga menggunakan bensin karena dapat merusak lapisan cat.
    Keringkan dengan menggunakan chamois atau lap micro fiber. Gunakan wax khusus pada permukaan krom, atau yang lebih murah taburkan bedak pada permukaan yang berlapis krom lalu gosok dengan menggunakan lap bersih untuk mempertahankan kilaunya.
    Untuk ban, siram dengan air bersih dan disikat dengan menggunakan air sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ban. Setelah itu gunakanlah semir ban secukupnya untuk mengembalikan warna hitam agar terlihat lebih mengkilap dan seperti baru.(ary)

Artikel Perawatan Mobil | Tips Merawat Velg Mobil


Tidak ada komentar: